Jenis Pakan Kambing

Jenis Pakan Kambing

Hai sobat saya disini akan menjelaskan tentang pakan ternak kambing, keberhasilan yang diraih peternak dapat dilihat dari seberapa besar peternakan yang dimiliki. Kualitas ternak dapat dilihat dari sumber pakan yang diberikan pada ternak. Dalam beternak kambing, pakan mempunyai peran yang sangat penting dalam kesuksesan usaha peternakan. Menjalankan usaha ternak tidaklah semudah yang dipikirkan, bahkan tidak semua orang bisa melakukannya. Karena dalam beternak dibutuhkan ilmu , pengalaman yang cukup, dan ketekunan sebagai peternak. Peternak handal maupun pemula, ada satu hal yang tidak boleh di lupakan yaitu pengetahuan tentang pakan ternak. Karena pakan ternak mempunyai peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada kambing. Tetapi sebelum itu, kita akan membahas apa pengertian pakan terlebih dahulu.

Apa Itu Pakan Ternak ?

Pakan merupakan semua jenis bahan yang dapat di makan dan di cerna oleh ternak tanpa mengganggu kesehatan ternak.Kualitas dari bahan pakan ternak tergantung pada kandungan nutrisi, Serta kandungan zat anti-nutrisi di dalamnya. Zat yang paling penting dalam pakan adalah protein. Bahan pakan yang berkualitas mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin yang cukup dan seimbang. Biasanya, bahan pakan ternak terbagi menjadi dua macam, yaitu pakan hijauan dan pakan non hijauan. Bahan pakan hijauan berasal dari rumput rumputan, legume, dan daun daunan. Sedangkan untuk pakan non hijauan bisa didapatkan dari biji bijian dan sumber mineral. Hal yang harus diperhatikan mengenai pakan yaitu pakan tidak boleh disimpan dalam 2 minggu, tempat penyimpanan pakan sebaiknya kering (tidak lembap). Apabila pakan yang anda beli merupakan hasil dari pabrik pastikan pabrik tersebut memproduksi pakan yang bagus.

Kualitas pakan dapat menentukan kualitas ternak. Jika pakan disimpan dalam wadah, sebaiknya wadah tersebut ditutup rapat dan tidak ada udara yang masuk. Pakan yang terkontaminasi udara lembap akan berjamur. Seorang peternak di haruskan dapat mengatur komposisi pakan ternak dengan tepat, tidak hanya dari nutrisi, tetapi juga dalam segi biaya. Ada empat hal penting dalam menyusun pakan ternak, yaitu bahan baku mudah di dapat, bahan bervariasi, disukai ternak, dan harganya terjangkau. Jenis Pakan Kambing Peranakan Etawa / PE

1. Hijauan Segar

Pakan hijauan segar adalah pakan yang ada dalam keadaaan segar ketika diberikan kepada ternak. Baik dalam bentuk potong potongan maupun dalam keadaan utuh. Hijauan segar biasanya terdiri atas rumput rumputan, biji bijian, daun daunan yang masih segar. Dalam hijauan yang masih segar mempunyai banyak kandungan karbohidrat dalam bentuk pati, gula sederhana, dan fruktosa yang memliki peran sangat penting dalam memberikan energi kepada kambing.

2. Hijauan Kering

Jerami Pakan hijauan kering atau silase merupakan pakan hijauan kering yang di awetkan dan di simpan dalam wadah yang kedap udara seperti drum. Dan sudah mengalami proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau di sebut dengan anaerob. Silase adalah rumput segar yang langsung di keringkan sampai kandungan air tinggal 60%, lalu di simpan dalam keadaan anearob(kedap udara). Proses silase melibatkan bakteri atau mikroba yang akan membentuk asam susu. Yakni Lactis Acidi dan Streptococcus yang hidup dengan cara anaerob dan dalam derajat keasaman 4 (pH 4). Oleh karena itu proses silase terjadi dalam wadah yang kedap udara, sehingga pakan tidak akan cepat membusuk oleh bakteri lain atau jamur.
Pakan yang termasuk ke dalam hijauan kering adalah semua jenis jerami dan pakan hijauan ternak yang di potong-potong lalu di keringkan.
Kandungan serat kasar dari pakan hijauan kering kira-kira lebih dari 18%.

3. Pakan Penguat (Konsentrat)

Konsentrat adalah pakan ternak yang di berikan dengan di campurkan dengan pakan lainnya. Yang bertujuan meningkatkan gizi hewan ternak yang dicampurkan sebagai pakan pelengkap. Konsentrat sendiri memiliki kandungan karbohidrat, protein dan mineral yang tinggi sehingga membuat kambing anda lebih cepat gemuk.
Pakan konsentrat merupakan pakan ternak yang mempunyai kandungan serat kasar yang rendah, yakni di bawah 18%.
Nutrisi utama yang terkandung dalam konsentrat adalah energi dan protein.
Konsentrat sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

4. Jenis Pakan Suase

Suase adalah pakan ternak hijauan yang di simpan dalam keadaan segar. Berbeda dengan silase yang di simpan dalam keadaan kering untuk jangka waktu panjang, maka suase di simpan dalam jangka waktu pendek. Yaitu hanya untuk beberapa hari saja yang dengan tujuan untuk efisiensi tenaga, karena peternak tidak perlu mencari pakan setiap hari.Biasanya pakan suase berasal padi-padian, dan rerumputan.

5. Vitamin

Peran vitamin sangat penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan untuk menjaga fungsi alami dari sistem tubuh pada hewan ternak anda. Berdasarkan kebutuhn ternak,vitamin terbagi menjadi dua jenis. Untuk yang pertama yaitu vitamin yang larut dalam air di antaranya vitamin B kompleks, B6, B12, C. kholin, biotin, inondol, dan niacin. Sedangkan yang kedua adalah vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A, D, E, dan K. 6. Mineral
Mineral atau zat garam sangat dibutuhkan untuk hewat ternak.

Zat anorganik yang di butuhkan oleh tubuh ternak ada bermacam-macam. Kandungan Mineral yang dibutuhkan pada hewan ternak ada dua macam yaitu mineral makro dan mikro. Fungsi dari mineral makro adalah pembentukan organ tubuh pada hewan dan membutuhkan dalam jumlah besar. Mineral mikro yang di butuhkan hewan ternak tidaklah banyak dan umumnya terdapat dalam jaringan dengan konsentrasi yang kecil.

Demikian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat sehingga dapat menambah ilmu kita tentang dunia peternakan. Untuk artikel lainnya bisa di cek disini

dan kalau mau berbagi informasi bisa hubungi saya disini